Peluang Usaha Makanan Kue Kering

Peluang Usaha Makanan Kue Kering

Kue ini selalu dicari-cari saat hari besar tiba. Entah itu Idul Fitri, Natal, maupun Imlek. Tak hanya itu, peluang usaha makanan Kue Kering  ini juga mudah dijual pada hari-hari biasa. Belakangan, bisnis kue kering berkembang pesat di kalangan ibu rumah tangga. Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Selain itu, kue kering tidak hanya laris ketika hari raya tiba. Banyak orang yang membutuhkannya sebagai suguhan para tamu. Kue kering tersebut juga bisa ditawarkan ke kantor tempat suami Anda bekerja. Keuntungan pun akan berlipat.

Target Pasar

Mulailah dari orang-orang terdekat. Misalnya teman-teman kantor suami Anda, tetangga Anda, atau mungkin sesama orangtua murid. Namun, tidak menutup kemungkinan semua orang yang belum Anda kenal sekalipun. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan promosi melalui brosur, iklan di koran, blog, dan facebook.

Kunci Sukses

Kreasikan jenis kue kering Anda. Harga miring juga dapat Anda tawarkan kepada pasar karena harga kue-kue kering sangat bervariasi. Beri diskon khusus pada pemesanan di hari raya atau pada 20 orang pemesan pertama dan langganan tetap.

Tips Memulai Bisnis

Tentukan terlebih dahulu kue jenis apa yang akan Anda buat. Ada kue sagu, putri salju, nastar, kue keju, kue kering cokelat, cookies, atau mungkin kue kering berbahan dasar abon. Bentuk-bentuknya juga beragam. Ada yang berbentuk bunga, bulat, buah, silinder, kotak, dan lain sebagainya. Nantinya bentuk dan jenis ini akan menentukan peralatan apa saja yang akan digunakan. Ada baiknya Anda juga melakukan survey kepada kompetitor, kue jenis apa yang laku di pasaran.

Siapkan peralatan sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat. Misalnya oven, loyang, baskom, mixer, sendok adonan, cetakan, dan lain sebagainya. Untuk menghemat modal awal, ada baiknya menggunakan peralatan yang sudah Anda miliki di rumah.

Survey bahan baku yang berkualitas. Supaya lebih murah, Anda bisa membelinya di toko grosir bahan kue.

Tahap selanjutnya, beralih ke pengenalan produk ke pasar. Siapkan stoples plastik dan plastik-plastik berukuran kecil. Masukkan kue-kue kering yang sudah jadi ke dalam wadah stoples dan plastikplastik kecil tadi. Kemas yang rapi. Setelah itu, bawalah stoples yang berisi kue tersebut ke kantor suami Anda agar teman-teman kantor suami Anda dapat mencicipi kue tersebut.

Potret contoh produk tadi. Hasil fotonya dapat Anda masukkan ke dalam brosur, blog, atau facebook Anda.

Tawarkan produk-produk Anda ke toko-toko kue di sekitar tempat tinggal Anda. Ikuti pula bazar-bazar yang dilangsungkan di kompleks perumahan Anda. Jika memiliki modal lebih, sewa salah satu gerai jika ada pameran kue atau kuliner.

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan nnaksimal pada pelanggan Anda. Misalnya membuat parcel yang bentuknya unik dan menarik, atau memberikan diskon khusus kalau membeli kue lebih dari tiga jenis.

Hambatan

Bisnis kue kering sudah menjamur sehingga banyak sekali pesaing yang bermain di bisnis ini. Anda harus cermat menelaah kebutuhan ataupun tren yang sedang berkembang di pasar. Berinovasilah terhadap produk yang Anda tawarkan sehingga produk Anda memiliki kekhasan sendiri.

Hambatan lain adalah keberadaan asisten dapur. Anda harus selektif dalam memilih karyawan ataupun asisten. Pilihlah orang-orang yang telaten, rapi, dan disiplin dalam bekerja Sebaiknya mereka memiliki hobi yang sama yaitu senang membuat kue. Karena walaupun kita sudah memiliki standar operasional, takaran, dan resep, jika orang itu tidak dapat bekerja dengan telaten, bisa jadi kue kering Anda tidak terbentuk dengan sempurna.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran pada peluang usaha makanan Kue Kering  terletak pada kemasan yang digunakan (stoples ataupun parcel). Bentuk secantik mungkin stoples ataupun parcel yang akan Anda hias. Stoples dapat diberi hiasan dari pita-pita ataupun stiker yang mempresentasikan logo atau brand yang Anda miliki.

Selain kemasannya, bentuk kue kering tersebut juga berpengaruh pada nilai visualnya. Pada dasarnya rasa kue kering hampir sama satu dengan yang lainnya. Yang membuatnya unik adalah bentuk dan komposisi dari kue kering tersebut. Perhatikan dan jaga kualitas kue kering Anda agar tidak mudah rusak ataupun berjamur.

Perlengkapan Usaha

  • Mixer    Oven listrik
  • Blender Stoples plastic
  • Loyang dan cetakan        Gelas takar
  • Sendok adonan Timbangan
  • Baskom Teko

Tips Membuat Kue Kering Berkualitas

  • Gunakan bahan yang berkualitas dan segar.
  • Gunakan telur dalam suhu ruang (keluarkan dari lemari pendingin minimal 30 menit sebelum digunakan).
  • Sebagian terigu yang akan digunakan disangrai terlebih dahulu sekitar lima menit (kalau dalam jumlah besar bisa dengan cara dijemur). Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kelembaban tepung dan membantu kue kering menjadi lebih renyah.
  • Ayak bahan kering terutama gula halus agar pencampuran bisa lebih cepat dan sempurna.
  • Pengocokan mentega/margarin dan gula sekitar 30-60 detik. Kecuali untuk kue kering yang hasil akhirnya diharapkan melebar (missal : lidah kucing). Pengocokan yang terlalu lama akan membuat kue kering melebar saat dipanggang.
  • Saat mencampur terigu ke dalam kocokan mentega, minimalkan kontak dengan tangan, karena panas dari suhu tubuh bisa membuat mentega meleleh terlalu cepat dan bersama terigu akan membentuk gluten yang menyebabkan kue kering akan keras dan tidak renyah.
  • Jika adonan terlalu lembut, masukkan dulu ke dalam kulkas selama beberapa menit, baru dicetak sesuai kebutuhan.
  • Penggunaan parchment paper atau kertas roti yang dioles mentega akan meminimalkan efek gosong pada dasar kue kering. Kue pun lebih mudah dilepas dari loyang.
  • Bila kue kering sudah berwarna keemasan dan kering pinggirnya, keluarkan dari oven karena pematangan masih akan berlangsung di luar.
  • Pastikan kue kering sudah benar-benar dingin saat masuk stoples, karena bila masih hangat, akan berpengaruh pada ketahanannya (cepat tengik/rusak).

Tempat Usaha

  • Gunakan dapur Anda sebagai bengkel kerja. Semua peralatan yang akan digunakan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Siapkan sebuah meja berukuran besar untuk meletakkan loyong-loyang pencetak kue. Meja tersebut juga akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan bahan baku, mengocok telur, mengayak tepung, dan lain sebagainya.

Perizinan

  • Anda perlu mengurus surat P-IRT dari Dinas Kesehatan. Anda bisa langsung mendatangi kantor Dinas Kesehatan, isi formulir yang tersedia, lalu Anda Akan mendapatkan jadwal mengenai penyuluhan tentang standar produksi makanan dari segi kebersihan, kesehatan, dan lain sebagainya. Selang dua hari setelahnya, akan dilakukan survey ke rumah Anda. Selanjutnya, barulah izin kelayakan produk tersebut dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan.
  • Biasanya izin ini ditanyakan saat produk Anda akan masuk ke retail yang lebih besar misalnya toko kue atau supermarket. semoga peluang usaha makanan Kue Kering ini bisa menjadi pilihan usaha anda.

Author: tukanginternet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *