Peluang Usaha Bimbel Atau Lembaga Pendidikan

Peluang Usaha Bimbel Atau Lembaga Pendidikan

Banyaknya lembaga bimbel yang berdiri sekarang. Hal tersebut membutikan masih banyak anak anak sekolah yang butuh pendalaman materi pelajaran. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bimbingan mata pelajaran bidang tertentu.

Apalagi kalau kamu berdomisili didaerah kota, kamu dapat membuka bimbel kecil kecilan, kalau kamu lulusan atau kuliah di bidang bidang tertentu kamu dapat mempromosikan keahlian kamu pada anak anak sekolah yang ketinggalan mata pelajaran di bidang tertentu, atau yang sedang mengejar kelulusan  SNMPTN. (saringan nasional masuk perguruan tinggi negeri). Keistimewaan bimbel adalah membuat mata pelajaran menjadi praktis, simple dan di jelaskan lebih detail di banding disekolah.

Beberapa langkah penting dalam menjalankan usaha bimbel ini :

  • Skill mata pelajaran harus kamu siapkan dan kuasai. Anda tidak kalau hanya sendiri, ajak orang orang yang memiliki kompetensi di bidang pelajaran untuk bergabung. Bisa teman, saudara atau dengan membuka lowongan kerja. Untuk menjalankan usaha bimbel ini tidak cukup hanya mengandalkan kepintaran, tetapi perlu pendekatan dari hati ke hati dengan komunikasi yang intensif pada anak anak didik kamu.
  • Miliki juga jaringan ke sekolah sekolah terutama untuk persiapan bimbingan belajar menghadapi ujian semester / nasional atau SNMPTN, sekali sekali berkunjung ke sekolah untuk presentasi dan menjaring peserta bimbel yang baru. Di tempat usaha anda sediakan lesehan, tikar, papan tulis, spidol, buku pelajaran serta kertas untuk bimbel yang sederhana. Siapkan pula  ruangan khusus dengan kursi dan meja serta  fasilitas penunjang, seperti kipas angin dan LCD proyektor.

Hambatan yangs sering muncul dalam bisnis bimbel ini di antaranya :

  • Tidak setiap murid di bimbel mempunyai kecepatan menangkap pelajaran yang sama, jadi anda harus bersabar dan layani setiap pertanyaan peserta bimbel yang di ajukan. Hindari mengajar yang tergantung mood karena akan menghambat proses pengajaran bimbel. Dan ini harus anda antisipasi dari awal.
  • Jika perlu adakan training dalam pengusaan seni berkomunikasi pada anak anak, agar anak anak tidak bosan dan cepat menerima materi yang diajarkan. Mungkin akan ada murid murid yang tidak membayar uang bimbel, bisa jadi karena memang tidak ada uang, berikan toleransi selama 2 atau 3 bulan.
  • Jika belum membayar tidak boleh mengikuti bimbel dulu atau dengan mendatangi ke orang tua nya dan membuat kesepakatan. Dan dalam menjalankan usaha pastinya persaingan dengan bimbel lainnya akan ada, anda harus bisa membuat bimbel anda mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki bimbel2 yang lain. Misal teknik mengajar atau diskon bagi peserta yang daftar 50 paling awal dalam ajaran tahun baru.

Strategi untuk meningkatkan usaha bimbel kamu, diantaranya sebagai berikut :

  • Sebarkan brosur yang menarik dan komunikatif untuk anak anak, agar pada tertarik dan daftar di bimbel anda.Juga sosialisasikan pada tetangga kamu yang mempunyai saudara saudara yang masih sekolah, promosikan yang dekat2 terlebih dahulu baru ke tempat yang jauh.
  • Promosi bisa juga melalui sms yang murah  dan tanpa batas. Adakan try out tes masuk perguruan tinggi negeri dan tawarkan ke sekolah sekolah.

inilah “peluang usaha bimbel atau lembaga pendidikan” semoga bermanfaat.

Author: tukanginternet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *